Ekonomi BisnisMadiun

Keren! di Ajang Top BUMD Awards 2023 Kota Madiun Borong Tiga Penghargaan Sekaligus

Lawupos.com – Kota Madiun kembali menorehkan prestasi membanggakan pada ajang Top Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Awards 2023. Prestasi tersebut diraih oleh Perumda Tirta Taman Sari Kota Madiun dengan memboyong tiga penghargaan sekaligus, dalam gelaran yang diadakan Majalah Top Business di Hotel Raffles Jakarta, Rabu (5/4/2023).

Adapun kategori penghargaan yang berhasil diraih meliputi Top BUMD Awards Bintang 5 untuk Perumda Tirta Taman Sari Kota Madiun. Kemudian, penghargaan kedua diraih Wali Kota Madiun, Maidi yang mendapatkan Top Pembina BUMD 2023. Dan penghargaan ketiga yakni Top CEO BUMD 2023 yang diberikan kepada Suyoto selaku Dirut Perumda Tirta Taman Sari.

Sebelum meraih awards tersebut, Kota Madiun bersama Perumda Tirta Taman Sari Kota Madiun harus melalui beberapa tahap penilaian yang harus dipenuhi. Tak hanya itu, Kota Madiun juga harus bersaing dengan 200 BUMD unggulan yang ada di seluruh Indonesia.

“Penghargaan ini membuktikan bahwa kinerja Perumda (PDAM) kita cukup bagus, dan inovasi bisnis-sosial tersebut diganjar bintang lima serta membawa kesejahteraan pegawai,” ujar Maidi.

Buah hasil kinerja yang mengagumkan tersebut karena terdapat perubahan manajemen dalam perjalanan Perumda di Kota Madiun yaitu dari orientasi sosial-bisnis menjadi bisnis-sosial. Peralihan ini terbukti membawa banyak perubahan. Mulai peningkatan pendapatan dan meminimalkan kebocoran. Selain itu, juga berdampak pada peningkatan kesejahteraan pegawai.

Meski demikian, perusahaan tidak hanya mengutamakan keuntungan semata. Tetapi, juga mengedepankan kegiatan sosial yaitu pelayanan kepada masyarakat. Tak heran, jika kemudian muncul banyak program sosial, seperti program sambungan gratis, bantuan sembako, jaminan sosial tenaga kerja untuk Marbot Masjid, Guru TPA, Penjaga Makam, dan lain sebagainya.

“Prinsipnya kita bekerja memberikan yang terbaik. Memberikan pelayanan yang terbaik. Kalau sudah memberikan yang terbaik, hasil yang terbaik juga akan kami dapatkan,” jelasnya.

Atas pencapaian tersebut, Maidi menyampaikan kepada Perumda yang bergerak di bidang penyediaan air minum ini, untuk tidak terlena akan prestasi yang sudah didapat sebab masih ada pencapaian yang harus diraih yaitu Top BUMD Awards kategori Platinum.

Penghargaan ini untuk BUMD yang berhasil meraih bintang 5 secara berturut-turut. Untuk itu, Maidi berharap penghargaan ini menjadi cambuk semangat untuk lebih baik lagi. Bukan hanya urusan bisnis, tetapi juga urusan sosialnya.

“Selalu kita tanamankan kepada karyawan untuk bekerja keras tanpa disuruh, disiplin tanpa diawasi, dan bekerja secara jujur. Harapannya, bisa semakin baik ke depan. Namun, tentu harus diimbangi dengan semangat kerja,” jelas dia.

Untuk diketahui, Top BUMD Award tersebut merupakan hasil kerja bareng Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) serta beberapa lembaga, asosiasi dan konsultan bisnis. Selain itu, award ini juga didukung Kementerian Dalam Negeri RI. (NEko/Madiun)

Related Articles

Back to top button