Hukum & KriminalJawa TimurMadiun

‘Pemasyarakatan Sehat’ Wujud Lapas Pemuda Madiun Pastikan Hak Kesehatan WBP Terpenuhi

Lawupos: Madiun – Dalam rangka peringati Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60 tahun 2024, Lapas Pemuda Kelas IIA Madiun di bawah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Wilayah Jawa Timur, menggelar kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan Petugas Pemasyarakatan, Jumat (19/4/2024).

Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk memastikan bahwa pelayanan hak kesehatan WBP terpenuhi dengan baik. Kepala Lapas Pemuda Madiun, Ardian Nova Christiawan, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan komitmen dari Lapas Pemuda Madiun dalam menjaga kesehatan WBP selama mereka berada di dalam lembaga pemasyarakatan. Selain pemeriksaan kesehatan, kegiatan tersebut juga mencakup pemberian pengarahan oleh Kepala Lapas Pemuda Kelas IIA Madiun.

“Dengan kegiatan ini, kami berharap dapat mewujudkan ‘Pemasyarakatan Sehat’, serta mencegah penularan penyakit melalui pola hidup sehat dan memastikan bahwa warga binaan mendapatkan hak pelayanan kesehatan yang layak,” ujar Ardian.

Sementara itu, Kasi Binadik Rachmad Tri Raharjo menambahkan bahwa dalam kegiatan tersebut, petugas klinik Lapas Pemuda Madiun memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan berkala yang umum dilakukan. Ini termasuk pemeriksaan kolesterol, gula darah (diabetes), dan tekanan darah, yang merupakan langkah penting dalam mendeteksi dini risiko penyakit seperti hipertensi dan stroke.

“Seluruh rangkaian kegiatan berjalan lancar. Tentunya petugas Klinik Lapas Pemuda Madiun selalu siap untuk memberikan layanan kesehatan yang layak bagi warga binaan,” tambah Rachmad. (Red/Humas Lasdaun)

Related Articles

Back to top button