Jawa TimurMadiun RayaPonorogoRegional

Tanamkan Kedisiplinan, Rutan Ponorogo Ajak Warga Binaan Laksanakan Upacara Rutin Hari Senin

Lawupos.com – Pembinaan kepribadian bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Ponorogo diwujudkan melalui Upacara Hari Senin, (8/5/2023).

Berbagai kegiatan rutin seperti yang dilaksanakan pagi ini bertujuan untuk menanamkan sekaligus membentuk pribadi disiplin warga binaan. Barisan pasukan disiapkan oleh komandan upacara dari warga binaan yang sudah terlatih PBB (Peraturan Baris Berbaris).

Selain itu, Komandan Jaga Regu Pengamanan bertindak sebagai pembina upacara dengan petugas upacara dari warga binaan terlatih. Dalam upacara, WBP mengucapkan Pancasila dan Catur Dharma Narapidana.

“Setiap hari senin pagi sebelum pukul 07.00 WIB seluruh warga binaan Rutan Ponorogo Kanwil Kemenkumham Jatim harus sudah bangun, mandi, berpakaian rapi dan mempersiapkan diri berbaris di lapangan untuk melaksanakan Upacara yang dilakukan setelah apel staf,” ujar Kepala Rutan Agus Yanto.

Agus Yanto menambahkan, selain melatih kedisiplinan warga binaan, pentingnya meningkatkan rasa Nasionalisme warga binaan untuk lebih mencintai Tanah Air.

“Upacara Hari Senin bertujuan untuk melatih kedisiplinan warga binaan serta meningkatkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air,” imbuhnya.

Usai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan pengarahan oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Haryono. Dalam pengarahannya, Haryono mengingatkan WBP untuk selalu menaati aturan serta pembinaan yang berlaku di Rutan, dan menjaga ketertiban.

“Kita di sini saling berdampingan, artinya jika ingin haknya dipenuhi maka penuhi dulu kewajiban dengan menaati aturan, mengikuti pembinaan, dan menjaga keamanan ketertiban,” jelas Haryono.

Selain itu pihaknya juga berharap, WBP Rutan Ponorogo untuk selalu berkomitmen tidak adanya Handphone, Pungli, dan Narkoba (Halinar) dalam lingkungan Rutan Ponorogo.

“Kita sudah berkomitmen Zero Halinar, maka laksanakan komitmen itu agar hak-hak kalian lancar,” pungkasnya. (Hms/Red)

Related Articles

Back to top button